Taktik Amerika di Perang Vietnam: Cari dan Hancurkan!

Perang Vietnam.

Suaranusa.com - Pada tahun 1965, puluhan ribu tentara Amerika Serikat bersiap-siap untuk perang di Vietnam. Didukung oleh pembom B-52, helikopter, dan napalm, banyak yang mengharapkan gerilyawan Viet Cong akan hancur di hadapan kekuatan Amerika Serikat yang terlihat begitu superior. Namun, di hutan dan rawa-rawa Vietnam, pasukan Amerika menemukan bahwa pertempuran adalah perjuangan melelahkan, di mana korban jiwa tinggi dan mereka jarang memiliki kesempatan untuk melepaskan tembakan pertama.

Pada musim panas 1965, 50.000 tentara Amerika Serikat tiba di Vietnam Selatan sebagai bagian dari Komando Bantuan Militer Vietnam, MACV. Amerika Serikat berharap pasukan dan kekuatan udaranya akan cukup untuk memaksa Vietnam Utara meninggalkan dukungannya terhadap pemberontakan Viet Cong yang bekerja untuk merongrong pemerintahan Vietnam Selatan. Meskipun begitu, pendekatan Amerika Serikat bersifat bertahap dan sebagian besar dilakukan dari udara. Hingga akhir 1964, Amerika Serikat telah secara rahasia melakukan pengeboman jalur pasokan Vietnam Utara di negara tetangga Laos, dan pada tahun 1965 Vietnam Utara turut terkena dalam Operasi Rolling Thunder.

Namun, Amerika Serikat sebagian besar mengincar sasaran-sasaran sekunder – bukan Hanoi – dengan tujuan memaksa Vietnam Utara untuk bernegosiasi dalam kesepakatan yang menguntungkan Vietnam Selatan. Dalam hal ini, Presiden Amerika Serikat Lyndon B Johnson tidak bertujuan untuk kemenangan wilayah atau total yang tradisional, melainkan mencegah kemenangan Vietnam Utara atas sekutunya di Vietnam Selatan. Vietnam Utara menyatakan bahwa tidak ada negosiasi yang dapat dilakukan selama pasukan asing masih berada di Vietnam Selatan.

Dan begitulah, tampaknya pertempuran akan menjadi status quo di Vietnam. Jenderal AS William Westmoreland perlu mengembangkan strategi untuk mengusir Vietnam Utara dari Vietnam Selatan dengan biaya yang rendah bagi AS - secara politis dan militer. Ini adalah tantangan, karena pertimbangan politis membuat perang daratnya hampir seluruhnya terbatas pada Vietnam Selatan.

Johnson menolak segala bentuk invasi konvensional ke Vietnam Utara karena kemungkinan akan memprovokasi intervensi Tiongkok, seperti yang terjadi selama Perang Korea. Presiden juga memotong Jalur Ho Chi Minh di Laos dan Kamboja karena ingin membatasi operasi darat. Ini, bagaimanapun, akan membuat lebih sulit bagi Westmoreland untuk mengisolasi medan perang.

Debat Amerika Serikat berfokus pada dua strategi yang mungkin di Vietnam Selatan: operasi pertempuran konvensional atau kontrainsurgensi yang difokuskan pada operasi unit kecil dan pendamaian politik masyarakat Vietnam Selatan. Meskipun pendekatan kontrainsurgensi memiliki pendukungnya, Westmoreland percaya bahwa itu memerlukan lebih banyak tentara dan memberi inisiatif kepada Viet Cong. Sebaliknya, dia berharap dapat memanfaatkan keuntungan Amerika Serikat dalam mobilitas dan kekuatan tembak dalam strategi pemusnahan. Dia berencana untuk melibatkan Viet Cong, mengeliminasi mereka dalam pertempuran besar-besaran, dan menyebabkan korban berat sehingga Vietnam Utara tidak dapat mempertahankan pemberontakan tersebut. Ini adalah strategi atrisional yang cepat. Untuk mencapai tujuan mereka, pasukan AS tidak perlu memegang tanah, tetapi akan melakukan operasi "cari dan hancurkan" sesuka hati.

Ini adalah rencana dengan pergeseran institusional dalam Departemen Pertahanan. Di bawah Sekretaris Robert McNamara, Departemen Pertahanan mengadopsi metode manajemen statistik dan kuantitatif baru yang dipinjam dari dunia bisnis. Segala sesuatu tentang perang diukur untuk menilai kemajuan dan mengidentifikasi kapan Vietnam Utara mencapai "tipping point" kritis di mana mereka tidak dapat lagi mempertahankan perjuangan. Analis dan perwira menghitung segalanya mulai dari tonase bom hingga paku tenda, tetapi metrik paling penting adalah 'body count' dari Vietnam Utara dan Viet Cong yang terbunuh dalam operasi AS. Karena AS tidak akan menilai kemajuan berdasarkan wilayah yang ditangkap dengan cara yang sama seperti banyak perang tradisional, body count akan menjadi dasar untuk menganalisis kesuksesan. Oleh karena itu, Pentagon mendorong komandan AS untuk berusaha mencapai jumlah pembunuhan dan penangkapan yang lebih tinggi sebagai cara untuk mewujudkan strategi Westmoreland.

Strategi body count Amerika Serikat memperluas peran perlindungan pasif awal tentara AS, karena sekarang mereka harus melakukan patroli ofensif dan membawa pertempuran kepada Viet Cong. Dan mereka akan melakukannya dengan kekuatan tembak yang baru.

Dalam operasi pencarian dan hancurkan yang ideal, pasukan AS mengidentifikasi formasi Viet Cong melalui intelijen dan rekognisi, lalu dengan cepat menyisipkan pasukan darat untuk menghentikan musuh. Saat pertempuran semakin intens dan menarik lebih banyak musuh, pasukan AS memanggil serangan udara dan artileri untuk mengeliminasi mereka dengan tegas. Operasi serupa sebelumnya dilakukan oleh ARVN, tetapi komandan Amerika merasa gagal karena kurangnya kualitas pertempuran pasukan Vietnam Selatan, bukan masalah taktik yang sebenarnya.

Untuk mendukung upaya mereka, pasukan AS menerima alat, kendaraan, dan senjata baru. Mulai tahun 1964, pasukan darat AS menerima senapan M16


 

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak