Perusahaan asal Tiongkok BYD, Berhasil Menjual Lebih Banyak Kendaraan Listrik Kalahkan Tesla milik Elon Musk


Suaranusa.com - Perusahaan asal Tiongkok, BYD, berhasil menjual lebih banyak kendaraan listrik daripada Tesla milik Elon Musk dalam tiga bulan terakhir tahun 2023 saat keduanya bersaing untuk memperebutkan posisi teratas di sektor tersebut. BYD mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka berhasil menjual rekor 526.000 kendaraan listrik bertenaga baterai pada kuartal terakhir tahun 2023.

Ini merupakan kuartal pertama di mana penjualan kendaraan bertenaga baterai BYD melampaui penjualan Tesla. Perusahaan berbasis di AS ini mengalami perlambatan permintaan seiring dengan meningkatnya biaya pinjaman.

Namun, sepanjang tahun 2023, Tesla milik Elon Musk masih berhasil menjual lebih banyak. Pada hari Selasa, Tesla mengumumkan bahwa mereka telah mengirimkan rekor 484.500 kendaraan listrik dalam tiga bulan terakhir tahun 2023 dan 1,8 juta sepanjang tahun. Performa akhir tahun ini lebih baik dari perkiraan analis, dengan penjualan naik 20% dari periode yang sama pada tahun 2022 dan meningkat dari awal tahun 2023. Analis Dan Ives dari Wedbush Securities menggambarkan kuartal ini sebagai "kemenangan yang jelas" bagi Tesla.

Namun, angka tersebut masih di bawah harapan sebelumnya. Pada bulan Januari tahun lalu, Elon Musk menyatakan bahwa Tesla berpotensi mencapai dua juta pengiriman pada tahun 2023. Perusahaan ini kemudian memangkas harga berulang kali untuk mencoba menarik pembeli.

Prestasi yang diraih oleh BYD menjadi pengingat akan tantangan yang dihadapi perusahaan ini, yang ikut berperan dalam meluncurkan industri kendaraan listrik. "Dengan BYD yang terus melaju dengan cepat, ini adalah bukti segar betapa kompetitifnya pasar kendaraan listrik dan betapa sulitnya bagi Tesla untuk kembali memimpin," kata Susannah Streeter, kepala keuangan dan pasar di Hargreaves Lansdown.

Sepanjang tahun 2023, BYD yang berbasis di Shenzhen berhasil menjual lebih dari 3 juta kendaraan bertenaga baru (NEV), yang meliputi kendaraan listrik bertenaga baterai dan kendaraan hibrida. Hampir 1,6 juta dari total penjualan adalah kendaraan bertenaga baterai, demikian pernyataan perusahaan.

CEO BYD, Wang Chuanfu, mendirikan BYD bersama sepupunya di Shenzhen pada tahun 1995. Perusahaan ini dikenal sebagai produsen baterai isi ulang yang digunakan dalam smartphone, laptop, dan elektronik lainnya, bersaing dengan impor Jepang yang lebih mahal.

BYD mulai mencatatkan sahamnya di bursa pada tahun 2002 dan mendiversifikasi portofolionya dengan membeli produsen mobil yang sedang berjuang, Qinchuan Automobile Company. Sejak tahun 2008, BYD memiliki Berkshire Hathaway milik investor veteran Amerika Serikat, Warren Buffett, sebagai pemegang saham.

Analis menyatakan bahwa pertumbuhan BYD dapat dikaitkan dengan bisnis aslinya, yaitu baterai. Baterai merupakan salah satu bagian paling mahal dari kendaraan listrik, dan dengan membuatnya sendiri, BYD dapat menghemat banyak uang. Banyak pesaing BYD mengandalkan pabrikan pihak ketiga untuk baterai mereka. Bisnis baterai BYD membantu memberikan fleksibilitas untuk memotong harga secara tajam pada akhir tahun 2023, yang meningkatkan penjualan, dengan lonjakan sebesar 70% hanya pada bulan Desember.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak