Keok Pada Debat Capres ke 3, Setidaknya 3000 Akun Diduga Buzzer Paslon 02 Serempak Membuat Konten Playing Victim “Menangisi Prabowo” di Tiktok

Konten Menangisi Prabowo Subianto Bertebaran di platform Tiktok

Suaranusa.com - Setelah debat ketiga Capres, konten-konten video yang menangisi Prabowo terus membanjir di platform media sosial TikTok. Sejumlah konten kreator berhasil membuat video yang viral dan masuk dalam Fyp (For You Page) TikTok karena menampilkan ekspresi menangis menyaksikan kekalahan Prabowo dalam debat tersebut.

Dalam video tersebut, terlihat beberapa pria dan wanita menangis, menginterpretasikan bahwa Prabowo dibully oleh Anies dan Ganjar dalam debat. Mereka terkesan emosional saat melihat serangan dari kedua capres lain terkait penilaian terhadap kinerja Prabowo sebagai Menhan.

Sebuah video menampilkan Ganjar memberi nilai 5 untuk kinerja Menhan Prabowo, sementara Anies memberikan nilai 11 dari 100 setelah didesak oleh Ganjar untuk tidak ragu memberi penilaian.

Ekspresi sedih Prabowo ditampilkan dalam sejumlah video yang beredar di media sosial, terutama di TikTok. Postingan video menangis terus bertambah sejak Senin (8/1/2024) hingga hari ini, Selasa (9/1/2024).

Untuk menemukan video-video tersebut, pengguna cukup menuliskan kata kunci “Netizen Nangis Liat Pak Prabowo Debat” di TikTok. Hasilnya, ratusan konten kreator, terutama dari kalangan perempuan, mengunggah video mereka menangis. Meskipun mayoritas dibuat oleh perempuan, ada juga laki-laki yang ikut mengunggah video serupa.

Ribuan netizen memberikan respons dengan membanjiri kolom komentar pada setiap video yang diposting. Komentar-komentar sinis juga turut meluap sebagai respons terhadap konten-konten tersebut.

Seorang praktisi media sosial, Nana R, mengungkapkan bahwa konten-konten tersebut tidak muncul secara alami dari netizen, melainkan sebagai respon terencana terhadap Debat III Capres yang berlangsung pada Minggu, 7 Januari 2024. Menurutnya, unsur kesengajaan terlihat dari video yang berisi narasi pujian tulus terhadap Prabowo, dengan alunan musik sedih, sebagai bentuk playing victim.

"Narasi juga menyayangkan serangan personal dari Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo ke Prabowo Subianto," tambahnya.

Nana R mengungkapkan bahwa aktivitas video menangis ini merupakan bentuk buzzer army Prabowo, bukan respons alami dari netizen TikTok. Terlihat dari akun-akun yang memposting video menangis sebelumnya telah melakukan kampanye mempromosikan Prabowo Subianto.

Aktivitas ini, menurutnya, terkoordinasi dengan jelas dan dilakukan secara serentak dalam waktu yang seragam, dengan komentar dukungan dan pujian terhadap Prabowo Subianto mengikuti setiap postingan. Lebih dari 3.000 video TikTok dengan konten serupa telah terpantau, dan setiap video mendapatkan lebih dari 1,2 juta like.

Daftar akun pendukung paslon nomor 2 yang membuat konten-konten menangisi Prabowo juga terungkap, termasuk akun TikTok seperti @digbostelegram, @debujalananST, @alferi17, @herodores, @Ramli_Muhammad1, dan masih banyak lainnya.


Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak