Angkatan Darat Amerika Serikat Berikan Kontrak kepada Bombardier Defense untuk Program Pesawat Mata-mata Baru


Suaranusa.com - Angkatan Darat Amerika Serikat (U.S. Army) telah memberikan kontrak kepada Bombardier Defense untuk menyediakan setidaknya satu pesawat Global 6500 sebagai kerangka utama (prototype) untuk program pesawat mata-mata baru, demikian diumumkan oleh layanan tersebut pada hari Rabu.

Kontrak dengan harga tetap (firm-fixed-price contract), yang diberikan pada 12 Desember, mencakup opsi untuk membeli dua pesawat tambahan dalam jangka waktu tiga tahun. Tanggal pengiriman pesawat pertama dijadwalkan pada 1 Oktober, seperti yang disampaikan dalam pernyataan resmi.

Sistem Deteksi dan Eksploitasi Tingkat Tinggi, atau HADES, akan menjadi pesawat mata-mata pertama dalam Angkatan Darat yang menggunakan jet bisnis dengan kabin besar yang dilengkapi dengan kemampuan sensor mendalam, demikian disampaikan oleh pihak militer.

Pesawat baru ini akan memberikan "peningkatan jangkauan, kecepatan, ketahanan, dan kedalaman intelijen, pemantauan, dan rekognisi udara," kata Kolonel Joe Minor, manajer proyek pesawat bermesin tetap Angkatan Darat, dalam pernyataan tersebut.

"HADES akan beroperasi pada ketinggian yang lebih tinggi dibandingkan dengan platform turboprop legendaris. Ketinggian yang lebih tinggi berarti kemampuan untuk mendeteksi lebih jauh dan lebih persisten di area yang diminati," tambahnya. "Sensor mendalam adalah prioritas operasional utama Angkatan Darat untuk Angkatan Darat tahun 2030."

Angkatan Darat sedang memodernisasi arsenilnya untuk rekognisi udara dan perang elektronik seiring dengan peralihan dari pesawat turboprop Guardrail yang sudah tua, untuk lebih siap menghadapi potensi konflik berskala besar dengan Rusia dan China. Layanan tersebut menginginkan pesawat dengan durasi, kecepatan, dan kapasitas muatan yang jauh lebih besar, yang dapat melihat, mendeteksi, dan mengincar ancaman dari jarak yang lebih jauh.

Sebelum program HADES dimulai, Angkatan Darat telah membangun dan secara ekstensif menguji demonstrator teknologi. Pesawat mata-mata tersebut telah melibatkan hampir 1.000 sorti di teater Eropa dan Indo-Pasifik. Dua pesawat demonstrator tambahan diharapkan akan diterjunkan pada tahun 2024.

Angkatan Darat telah membangun dan menerjunkan dua demonstrator ISR udara sejak 2020 yang dikenal sebagai Artemis dan Ares. Artemis telah melakukan lebih dari 600 sorti dalam mendukung operasi Komando Eropa Amerika Serikat; Ares telah melakukan 300 sorti di Indo-Pasifik.

Pentagon telah menyatakan kebutuhan untuk dapat terlibat dengan China dari jarak jauh, yang memerlukan jenis aset tertentu yang dapat melaksanakan misi pada jarak yang panjang.

Artemis menggunakan pesawat Bombardier Challenger 650, sedangkan Ares menggunakan pesawat Bombardier Global Express 6500 yang lebih besar. Dua pesawat Athena tambahan - varian radar dan versi sinyal intelijen - akan bergabung dengan pasukan dan diterjunkan pada tahun 2024 menjelang HADES. MAG Aerospace dan L3Harris akan bekerja sama untuk melengkapi Bombardier Global 6500 dengan sensor ISR untuk varian radar; Sierra Nevada akan menyediakan pesawat sinyal intelijen dengan paket sensor RAPCON-X.

Steve Patrick, Wakil Presiden Bombardier Defense, menyatakan bahwa dalam menghadapi ancaman, solusinya bukan hanya satu masalah untuk satu solusi, melainkan solusi yang dapat memenuhi berbagai masalah, dapat dikerahkan dengan cepat ke seluruh dunia, dan dapat diarahkan ke tempat krisis saat ini.

Angkatan Darat menyatakan bahwa tahap pertama program HADES akan mencakup dua pesawat dengan paket sensor yang berbeda. Program Executive Office Aviation akan memimpin kontrak untuk program HADES, sementara PEO Intelligence, Electronic Warfare and Sensors akan bekerja untuk mendapatkan muatan untuk platform yang dipilih untuk program ini.

Pada September 2022, Angkatan Darat memberikan kontrak kepada L3Harris dan Applied Signal Technology milik Raytheon untuk mengembangkan sensor untuk HADES. Setidaknya satu tim telah terbentuk sebelum kompetisi program HADES: L3Harris, Leidos, dan MAG Aerospace mengumumkan pada Oktober bahwa mereka bergabung untuk proyek ini.


Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak