Platform Media Sosial X, Sebelumnya Dikenal Sebagai Twitter, Alami Gangguan Global Selama Lebih dari Satu Jam


Suaranusa.com - Pada hari Kamis, platform media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, mengalami gangguan global selama lebih dari satu jam. Menurut Downdetector.com, yang melacak gangguan dengan mengumpulkan laporan status, lebih dari 47.000 pengguna di Amerika Serikat mengalami masalah akses dengan X dan X Pro.

Beberapa pengguna di Inggris dan Asia juga tidak dapat melihat postingan di situs tersebut dengan pesan yang menyatakan "Selamat datang di X!" X, yang dimiliki oleh Elon Musk, diminta untuk memberikan komentar. 

Tahun lalu, Mr. Musk membeli Twitter seharga $44 miliar (£35 miliar).

Hashtag #TwitterDown mulai menjadi tren dalam beberapa menit setelah laporan gangguan muncul. Namun, gangguan tersebut berlangsung singkat, dengan pengguna dapat mengakses platform kembali setelah lebih dari satu jam.

Sejak Mr. Musk membeli platform ini, Twitter mengalami penurunan pendapatan periklanan. Dia juga dituduh membiarkan posting antisemit di sebelah iklan. Perusahaan tersebut kemudian menggugat kelompok tekanan yang cenderung ke kiri, Media Matters for America, yang membuat tuduhan tersebut.

Bulan lalu, Elon Musk mengecam pengiklan yang meninggalkan X, dengan mengatakan bahwa mereka akan membunuh platform media sosial tersebut. Perusahaan ini juga dituduh menyebarkan disinformasi, dengan Uni Eropa secara resmi mengumumkan bahwa mereka mencurigai X melanggar aturan dalam bidang penanggulangan konten ilegal dan disinformasi.


Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak