Tiba di Rumah Duka, Jenazah Rizal Ramli Disambut Kalimat Tahlil


Suaranusa.com - Jenazah almarhum Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman, Rizal Ramli, telah tiba di rumah duka di Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan, pada Rabu (3/1/2024) dini hari sekitar pukul 00.54 WIB. Kedatangan jenazah Rizal Ramli disambut dengan haru oleh para kerabat dan sahabat yang hadir.

Para pelayat langsung menyambut jenazah Rizal Ramli yang turun dari mobil dengan tanda RSCM. Saat itu, kalimat tahlil berkumandang di antara mereka, mengucapkan, "Laa ilaha illallah, Laa ilaha illallah," sembari dengan penuh khidmat menggotong jenazah almarhum ke dalam rumah duka.

Sebelumnya, berita duka kepergian ekonom senior, Rizal Ramli, telah tersebar di kalangan wartawan melalui grup WhatsApp. "Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo," demikian kutipan yang beredar seperti dilansir Suara.com pada Selasa (2/1/2024).

Keluarga almarhum juga mengucapkan permintaan maaf jika selama hidupnya Rizal Ramli pernah melakukan kesalahan. Almarhum Rizal Ramli, yang berusia 69 tahun, akan dikebumikan di TPU Jeruk Purut pada Kamis (4/1/2024), karena keluarga masih menunggu kedatangan salah satu putrinya yang berada di Amerika Serikat.

Sebelum menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo pada pukul 19.30 WIB, Rizal Ramli telah berjuang melawan penyakit kanker pangkreas selama sebulan terakhir di rumah sakit tersebut. Staf Rizal Ramli, Yosef Sampurna Nggarang, menyatakan, "Satu bulan terakhir di RSCM, beliau melawan sakitnya. Tuhan punya kehendak lain."

Rizal Ramli meninggalkan tiga orang anak, yakni Dhitta Puti Sarasvati Ramli, Dipo Satria Ramli, dan Daisy Orlana Ramli. Selain itu, dua orang cucu, Anabel Asmara Ramli dan Anakin Lazuardi Ramli, serta menantu yang ditinggalkan, Fandra Febriand, Dina Arumsari, dan Daniel Kirschen.


Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak