Gibran Rakabuming Raka Jadi Sorotan, Istilah SGIE Dalam Debat Cawapres Pertama Jadi Bahan Tertawaan


Suaranusa.com - Gibran Rakabuming Raka menjadi perbincangan sengit setelah pengucapan singkatan SGIE dalam acara Debat Calon Wakil Presiden yang berlangsung pada Jumat (22/12/2023).

Cawapres Prabowo Subianto itu mendapat kritik karena mengucapkan SGIE dengan menggunakan ejaan bahasa Indonesia. SGIE sendiri merupakan singkatan dari State of the Global Islamic Economy, istilah ekonomi dalam bahasa Inggris.

Pertanyaan mengenai SGIE muncul saat Gibran menanyakan hal tersebut kepada Muhaimin Iskandar, calon wakil presiden dari Anies Baswedan. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang akrab disapa Cak Imin terlihat bingung dan balik bertanya karena tidak memahami singkatan tersebut.

Sebagian orang memuji Gibran karena dianggap berhasil membuat lawan debatnya terdiam. Namun, sejumlah pihak juga menyebut putra sulung Presiden Joko Widodo itu licik dan berusaha terlihat pintar dengan memberikan pertanyaan yang menjebak.

Topik SGIE dan Gibran langsung menjadi pembicaraan hangat, termasuk dalam acara nonton bareng Debat Cawapres yang bertajuk Studio Musyawarah yang dipandu oleh Najwa Shihab.

Seorang perwakilan dari tim sukses membahas cara Gibran mengucapkan SGIE dengan ejaan bahasa Indonesia, membuat Cak Imin bingung. "Kalau ini singkatannya dalam bahasa Inggris, kenapa dia ngomongnya Es Ge I E, bukan Es Ji Ai I," ujarnya sambil membuat Najwa Shihab tertawa.

Selain SGIE, Gibran juga menggunakan istilah-istilah dalam bahasa Inggris yang kurang familiar, diduga untuk membuat lawan bicaranya terlihat tidak menguasai topik. "Gibran ini seolah mendesain semua pertanyaannya itu seolah-olah ini sesuatu yang tidak dikuasai oleh lawan bicaranya, termasuk carbon storage," ungkapnya.

Perdebatan tentang SGIE juga menjadi bahan tertawaan dalam acara tersebut. "Masalahnya kalau ini menggunakan literatur Inggris, tapi dia ngomongnya Es Ge I E, tapi kepanjangannya itu bahasa Inggris, saya nggak dapet," pungkasnya.

Reaksi Najwa Shihab yang tertawa setiap kali SGIE disebutkan langsung menjadi sorotan. "Najwa sampai ngakak Gibran ngomong Es Ge I E, mau keliatan pinter," kata seorang warganet. "Penasaran Najwa tuh berpihak sama siapa ya," tambah yang lain. "Mau kelihatan pintar bahasa Inggris malah jadi kelihatan culunnya. Penyebutan singkatan SGIE Gibran masih melihat contekan kertas," tambah warganet lainnya.


Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak