Tanpa Tunggu Bantuan Pemerintah, Warga Perum Graha Mustika Media Swadaya Perbaiki Jalan

 

Kegiatan Pengecoran Jalan Komplek Blok Q1 RT. 001 RW. 017, Desa Lubang Buaya, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

BEKASI – Suaranusa.com -

Gotong royong merupakan sebuah tradisi yang telah turun temurun dilaksanakan hampir di seluruh pelosok Indonesia.

Masyarakat biasanya melakukan gotong royong untuk menyelesaikan berbagai masalah lingkungan seperti pembangunan fasilitas, kebersihan lingkungan dan hal-hal terkait kepentingan umum lainnya.

Pun demikian, meski berada di sebuah kawasan perindustrian, warga Graha Mustika Media Blok Q 1 RT. 001 RW. 017 Desa Lubang Buaya, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi - Jawa Barat ini, secara berkala melakukan aksi gotong royong.

Terbaru, warga RT 001. RW. 017 yang mayoritas merupakan pendatang dari berbagai daerah di Indonesia ini, melakukan kerja bakti pengecoran jalan komplek pada hari minggu tanggal 3 Juli 2022.

Pengecoran dengan biaya swadaya masyarakat ini, merupakan yang terakhir dari serangkaian pengecoran jalan yang sudah berlangsung beberapa tahun belakangan.

Gotong royong ala warga penghuni RT. 001 RW. 017 Perum Graha Mustika Media ini menjadi contoh, bagaimana kearifan lokal dapat menyelesaikan masalah-masalah umum tanpa menunggu bantuan dari pemerintah.

Semangat berdikari yang dibarengi dengan tali persaudaraan antar warga, telah terbukti ampuh menghadirkan fasilitas umum yang serba guna.

Jalan yang berada di belakang lingkungan komplek, bukan saja berfungsi sebagai akses jalan lingkungan, namun juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat bermain dan lahan parkir bagi warga yang mempunyai kendaraan roda 4.

Dilihat dari semangat serta keikhlasan warga melakukan kerja bakti pengecoran jalan secara swadaya, budaya gotong royong di lingkungan RT. 001 RW. 017 diyakini akan tetap dilestarikan. Terlebih, beberapa akses utama perumahan sudah mulai berlubang dan sangat becek ketika musim hujan datang.

(FS)

 


Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak