10 Rudal Balistik Jarak Pendek Paling Mematikan di Dunia


Rudal balistik jarak pendek atau SRBM merupakan rudal dengan jangkauan antara 1000 kilometer hingga 620 mil. Rudal ini menjadi andalan banyak negara karena harganya yang murah serta memiliki konfigurasi yang mudah.

Sering digunakan dalam konflik regional, berikut adalah 10 rudal balistik jarak pendek Paling Mematikan di dunia.

10. Rudal Balistik 9K720 Iskander

9K720 Iskander merupakan rudal balistik jarak pendek hipersonik yang diproduksi dan digunakan oleh militer Rusia. Tanpa hulu ledak, rudal ini memiliki panjang 7,3 meter, berat 3,8 ton, dan dapat menjangkau jarak efektif antara 400 hingga 500 kilometer.

Rudal Balistik Iskander dapat membawa hulu ledak termonuklir hingga 700 kilogram. Selain itu, rudal balistik ini juga dapat membawa hulu ledak konvensional yang berbeda seperti hulu ledak munisi tendon, hulu ledak fragmantasi, serta perangkat elektromagnetik anti radar.

9. Rudal Balistik Dong Feng-15.


Dong Feng – 15 dikembangkan oleh Republik Rakyat China dan dianggap sebagai satu-satunya rudal balistik jarak pendek non nuklir. Dengan ukuran panjang 9,1 meter dan berat 6,2 ton, rudal balistik ini memiliki jangkauan efektif hingga 600 kilometer. Menurut Departemen Pertahanan Amerika Serikat, China memiliki setidaknya 300 rudal dengan 90 hingga 110 peluncur.

Hulu ledak Dong Feng – 15 hanya sepersepuluh ukuran badan rudal dan diluncurkan secara vertical dari truk pengangkut bertenaga roket.

8. Rudal Balistik Zolfaghar.


Zolfaghar merupakan rudal balistik jarak pendek berbahan bakar padat milik pasukan Republik Islam Iran. Rudal ini memiliki panjang 10,3 meter dan berat 4 ton. Rudal yang dilaporkan pernah digunakan dalam konflik suriah ini dapat membawa hulu ledak hingga 500 kg bahan peledak submunisi tinggi.

Pada bulan Februari 2019, Iran meluncurkan versi rudal Zolaghar jarak jauh yang disebut sangat mematikan. Rudal tersebut memiliki jangkauan hingga 1000 km, dan merupakan kategori rudal jarak menengah.

7. Rudal Balistik Hwasong-6.


Hwasong-6 adalah rudal balistik taktis jarak pendek milik Korea Utara. Untuk meningkatkan jangkauan pendahulunya, rudal muatan rudal ini diturunkan menjadi 700 kilogram. Ukuran roket juga diperpanjang untuk meningkatkan propelen sebesar 25 persen.

Dengan jangkauan efektif hingga 1000 km, rudal balistik ini cukup untuk menyerang target hingga wilayah Jepang bagian barat.

Sejak 1999, Korea Utara diperkirakan telah memproduksi  600 sampai 1000 rudal dan menjadi salah satu tumpuan pertahanan militer negara komunis itu.

6. Rudal Balistik Jericho 1.


Rudal ini dikembangkan Israel pada tahun 1960-an. Pada akhir 1971, Jericho 1 menjadi senjata balistik jarak pendek yang diakui secara terbuka.

Memiliki panjang 13,72 meter dan berat 6,7 ton, rudal ini dapat menjangkau sasaran antara 500 hingga 720 km. diperkirakan dan dapat membawa muatan seberat 400 kg.

Mampu membawa hulu ledak nuklir, Israel diyakini telah memproduksi setidaknya 100 buah.

5. Rudal Balistik Prithvi 3.


Prithvi merupakan rudal balistik jarak pendek yang dikembangkan oleh India. Dengan panjang 8,56 meter dan berat 5,6 ton, rudal ini dapat membawa berbagai  hulu ledak seberat 250 hingga 1000 kg dan mempunyai jarak 350 hingga 750 km.

4. Rudal Balistik Sagarika.


Rudal Sagarika atau juga biasa disebut K15 merupakan rudal jarak pendek India, yang diluncurkan dari kapal selam. Dengan panjang 10 meter dan berat 6 hingga 7 ton, rudal ini memiliki jangkauan efektif hingga 750 km.

Rudal ini yang dirancang untuk balasan terhadap serangan nuklir ini diklaim lebih cepat, ringan dan lebih susah terdeteksi dibanding rudal jarak pendek lainnya.

3. Rudal Balistik Shaheen-I.


Shaheen-I merupakan rudal hipersonik yang diproduksi oleh Pakistan. Dengan panjang keseluruhan 10 meter dan berat 9,5 ton, rudal ini dapat menjangkau jarak lebih dari 1000 km.

Rudal balistik Shaheen-I dapat membawa muatan konvensional serta hulu ledak nuklir dan diyakini sangat akurat oleh beberapa sumber.

2. Rudal Ballistik Hyunmoo IV.


Hyunmoo IV adalah rudal strategis yang dikembangkan oleh Korea Selatan. Rudal ini memiliki panjang keseluruhan 12,53 m dan jangkauan efektif hingga 800 km.

Rudal yang terbang dengan kemampuan hipersonik ini merupakan satu-satunya rudal balisitk yang dikerahkan Korea Selatan.

Hyunmoo IV dilengkai hulu ledak seberat 1000 kg dan dapat menghancurkan fasilitas militer bawah tanah serta pusat komando negara lain.

Belum ada informasi spesifik system pertahanan ini. Namun para pengamat menganggap, rudal balistik ini merupakan rudal jarak pendek paling mematikan yang pernah dihadapi Korea Utara.

1. Rudal Balistik Agni-I.


Agni-I merupakan rudal balistik jarak pendek india yang memiliki jangkauan 700 hingga 900 km. Rudal dengan kemampuan nuklir ini pertama kali digunakan oleh Komando Pasukan Strategis tentara India pada tahun 2007.

Dengan panjang 15 meter, Agni-I dapat membawa bom nuklir seberat 1000 hingga 12.000 kg.

Rudal ini ditembakan dari platform berbasis rel dan memiliki jangkauan sejauh 1200 km, yang akan mencakup seluruh wilayah Pakistan.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak