Militer China Jadi Yang Terkuat di Dunia - China Military Power 2022

 

China merupakan negara yang sedang bernafsu menjadi kekuatan utama dunia. Dengan keberhasilannya membajak teknologi system pertahanan Amerika, dan didukung oleh Tentara Aktif terbesar di dunia, China menganggap dirinya sebagai Negara Super Power baru yang tak terkalahkan. Republik Rakyat Tiongkok atau yang lebih dikenal dengan China, merupakan salah satu kekuatan baru militer dunia. 

Hal ini terlihat dari keberhasilannya mengembangkan jet tempur siluman generasi ke lima yang diberi nama J20. J20 merupakan pesawat siluman yang disinyalir menjadi jawaban atas keberhasilan Amerika Serikat menciptakan F20 dan F35, yang disebut Paman Sam sebagai senjata yang sangat mematikan. Persaingan Amerika Serikat dengan China dalam industri pertahanan, tidak lain karena hubungan yang kurang harmonis diantara kedua negara besar tersebut. Hal ini dipicu oleh isu daratan Taiwan yang dianggap China sebagai bagian dari negaranya. Sementara itu, Amerika Serikat meskipun tak secara formal mengakui kedaulatan Taiwan namun sering bersikap berseberangan dengan pemerintah China. 

Dalam berbagai kesempatan, Amerika Serikat sering mengangkat isu Taiwan untuk menyerang kepentingan China, bahkan hingga memasok system persenjataan canggih ke Taiwan. Sampai saat ini, tidak dapat dipungkiri bahwa Amerika Serikat merupakan negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia. 

Untuk menjawab tantangan itu, China yang punya ambisi menguasai kawasan, terus mengalokasikan anggaran yang sangat besar untuk membangun system pertahanan yang tidak kalah mumpuni dengan Amerika Serikat. Selain keberhasilan dalam industry pertahanan, yang bahkan disebut sebagai hasil bajakan system pertahanan Amerika, China juga didukung dengan jumlah personel tentara aktif yang sangat besar. 

Personel aktif yang tergabung sebagai Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok itu, diklaim telah mencapai dua juta. yang terdiri dari Tentara Angkatan Laut, Angkatan Udara, Angkatan Darat, Pasukan Roket, Pasukan pendukung Strategis dan Pasukan Pendukung Logistik Gabungan. Dengan kekuatan total yang luar biasa itu, pemerintah China mengklaim bahwa Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok adalah yang terbesar dan terkuat di dunia.
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak