Fakta Unik Ubur-ubur Yang Jarang Diketahui


Jakarta - Suaranusa.com

Ubur-ubur telah ada selama jutaan tahun, bahkan sebelum dinosaurus hidup di bumi. Menyebar hamper diseluruh lautan, mahluk yang berbentuk seperti jelly ini, bisa ditemukan di perairan dingin maupun hangat.

Beberapa jenis ubur-ubur berwarna bening, tetapi sebagian yang lain berwarna merah muda, kuning, biru dan ungu. Bahkan, ada spesies lain yang Nampak bercahaya.

Ubur-ubur tidak memiliki otak, jantung, tulang atau mata. Tubuh mereka sangat halus dengan tentakel yang terdiri dari sel-sel kecil yang dapat menyengat. Hewan invertebrate ini menggunakan tentakelnya untuk menyengat mangsanya sebelum dimakan,

Mulut ubur-ubur terletak di bagian tengah tubuhnya. Dari lubang inilah, ubur-ubur makan dan sekaligus membuang kotoran.

Ubur-ubur mencerna makanan mereka yang terdiri dari ikan, udang, kepiting dan tanaman kecil dengan sangat cepat. Jika tidak, mereka tidak akan bisa mengapung, terbebani oleh belatung besar yang tidak tercerna di tubuh mereka.

Namun, dalam rantai makanan, ubur-ubur merupakanan makanan yang lezat bagi mahluk laut lainyya terutama penyu. Di beberapa tempat, ubur-ubur juga disajikan sebagai hidangan manusia. Bahkan, budaya china telah lama memanfaatkan ubur-ubur sebagai bahan untuk pengobatan.

Sengatan ubur-ubur umumnya sangat berbahaya bagi manusia. Bahkan, beberapa spesies sengatannya tergolong sangat mematikan.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak