fbpx

Website Resmi Untuk Mendaftar Kartu Prakerja 2021

Setelah lulus sekolah bingung cari kerja? Pengen lebih kompeten? Mau ngembangin diri tanpa pusing mikirin biaya? Nah bekali dirimu dengan Kartu Prakerja. Seperti itulah kira-kira potongan tagline yang ada di halaman depan website daftar kartu prakerja.

Buat kalian yang belum mengetahui apa itu Kartu Prakerja, kali ini tim kami akan mengupas tuntas semua perihal yang berhubungan dengan program bantuan dari Pemerintah ini.

Program kartu prakerja ini merupakan hasil kolaborasi Pemerintah dengan pihak swasta yang memiliki visi misi yang sama yaitu ingin membantu mereka-mereka yang membutuhkan pengembangan kompetensi untuk modal mencari pekerjaan yang lebih baik. Padah tahap awal di tahun 2019, Program kartu prakerja ini dibantu oleh beberapa starup seperti : Tokopedia, Skill Academy by Ruangguru, OVO, Dana, Hacktiv8, MauBELAJARApa, Link Aja, G2 Academy, Bukalapak, Pintaria, Pijar, Sekolahmu dan Kemnaker.

Apa Itu Kartu Prakerja?

Jadi Kartu Prakerja adalah salah satu program bantuan dari Pemerintah untuk masyarakat yang membutuhkan pengembangan kompetensi kerja ataupun kewirausahaan yang kedepannya bisa digunakan untuk mencari kerja. Para peserta yang lolos seleksi dari program Kartu Prakerja ini akan mendapatkan insentif atau bantuan biaya yang kedepannya bisa digunakan untuk modal para peserta yang lolos seleksi untuk mencari kerja. Selain itu, bantuan biaya ini bisa juga diperuntukkan bagi mereka / pekerja ter-PHK.

Apakah semua orang bisa mendapatkan program ini?  Untuk siapa saja program Kartu Prakerja ini dibuat?

Sebenarnya, Kartu Prakerja ini bukan hanya untuk masyarakat yang sedang mencari kerja saja, yang sudah bekerja juga bisa mendaftar untuk ikut program peningkatan kompetensi ini. Yang sangat direkomendasikan untuk mengikuti program ini adalah mereka yang terkena PHK, sedang mencari kerja, pekerja/buruh dan juga pelaku usaha mikro.

Cara mendapatkannya Kartu Prakerja ini cukup mudah, anda bisa langsung masuk ke link website daftar kartu prakerja di dashboard.prakerja.go.id dan mengisi formulir yang disediakan. Tapi sebelum itu anda harus mengetahui persyaratan wajibnya yaitu WNI, Usia minimal 18 Tahun dan Sedang tidak dalam Pendidikan formal (Sekolah atau Kuliah).

Tapi untuk saat ini (29/12/2020) Pemerintah belum mengaktifkan kembali link website daftar kartu prakerja, hanya peserta yang sudah pernah mendaftar dari Gelombang 1 sampain Gelombang 11 saja yang bisa login. Dari keterangan di websitenya juga ada informasi bahwa “Pendaftaran 2020 telah di tutup, akan dibuka kembali di 2021”.

Orang-Orang Yang Tidak Boleh Mendaftar Kartu Prakerja

Dilansir dari laman resmi prakerja, ada orang-orang yang tidak bisa mendapatkan kartu prakerja, diantaranya adalah :

  • Pejabat Negara
  • Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
  • Aparatur Sipil Negara
  • Prajurit Tentara Nasional Indonesia
  • Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia
  • Kepala Desa dan perangkat desa
  • Direksi, Komisaris, dan Dewan Pengawas pada badan usaha milik negara atau badan usaha milik daerah.

Kenapa mereka tidak boleh? karena masih banyak yang membutuhkan bantuan dari program sosial ini, Pejabat Negara ataupun ASN sudah pasti memiliki pemasukan yang stabil, apalasi seperti Direksi, Komisaris dari perusahaan tentunya sangat tidak pantas jika memaksakan diri untuk ikut mendaftar sebagai penerima Kartu Prakerja.

Kapan Kartu Prakerja Kembali Dibuka?

Kartu Prakerja Gelombang 11 pendaftaran online dibuka pada 2 November 2020 dan Gelombang 12 seharusnya pada bulan Desember, tetapi Pemerintah menundanya dan akan dimulai kembali pada awal tahun 2021.

Belum ada kepastian tanggal kapan akan dibukanya kembali pendaftaran Kartu Prakerja ini, tetapi jika dilihat dari informasi yang mereka katakan pada website resminya, bahwa pada tahun 2021 akan dibuka kembali. Kemudian ada informasi bahwa insentif bulang Desember akan dicairkan pada awal tahun 2020, dari sini bisa diprediksi bahwa Pendaftaran online Gelombang 12 akan dibuka juga pada awal tahun atau Januari 2021.

Jadi, sambil menunggu waktu pendaftaran dibuka, ada baiknya untuk menyiapkan persyaratan yang harus dilengkapi pada saat nanti proses verifikasi data seperti KTP, KK, No Telepon dan juga alamat Email yang aktif dan selalu bisa diakses.

Email dan No Telepon adalah hal yang sangat penting untuk metode verifikasi data pada saat pendaftaran di website kartu prakerja. Jadi harus dipastikan kembali jika anda mengetahui user login dan password email yang digunakan untuk daftar.  Selain itu No Telepon juga harus selalu aktif, jangan menggunakan kartu seluler yang biasa sekali pakai untuk kuota internet saja, tapi anda harus menggunakan No telepon yang benar-benar aktif dan bisa menerima SMS.

Jika Email dan No Telepon/HP yang digunakan untuk daftar tidak bisa diakses, maka akan sangat sia-sia anda mendaftar sehingga membuang banyak waktu.

Apa Yang Harus dilakukan Setelah Lolos Seleksi?

Jika nanti anda lolos seleksi / verifikasi daftar kartu prakerja, hal yang harus dilakukan adalah membeli pelatihan dan menyelesaikannya. Nantinya anda harus menyelesaikan 4 pelatihan yang harus dibeli, dan akun kartu prakerja anda akan mendapatkan bantuan dana / insentif disetiap bulannya selama 4 bulan.

Jika masih bingung memilih pelatihan apa yang akan dibeli, berikut ini ada rekomendasi yang mungkin bisa dengan mudah untuk dipahami

Rekomendasi Pelatihan di Kartu Prakerja

  • Belajar Penggunaan Microsoft Excel untuk Analisa Data dari MyEduSolve – Maubelajarapa. Pelatihan dari bidang Teknologi Informasi ini sangat cocok bagi mereka yang ingin bekerja sebagai admin ataupun diperkantoran.
  • Belajar Penggunaan Microsoft Excel untuk Keuangan’ dari MyEduSolve – Maubelajarapa
  • Manajemen Keuangan dalam Lingkup Perusahaan’ dari HarukaEdu – PijarMahir
  • Membuat Dokumen Rapi Dengan Ms. Word ’ dari Course-net – Pijarmahir ini sangat cocok untuk mereka yang ingin bekerja di perkantoran
  • Belajar Menyusun Presentasi Kreatif dan Menarik’ senilai Data Analitika Indonesia dari Maubelajarapa (Bidang Perkantoran)
  • Teknologi Informasi untuk Pemula dan Statistika: Ubah Informasi Jadi Data dari HarukaEdu–PijarMahir untuk Bidang Manajemen
  • Mahir Akuntansi untuk Pemula dan Cek Kesehatan Perusahaan dengan Analisis Laporan Keuangan dari HarukaEdu–PijarMahir
  • Bertani Pintar: Tingkatkan Produksi Anda! dari Dattabot–Pintaria
  • Praktek Langsung Menanam Hidroponik dari Rumah Siap Kerja-Tokopedia
  • Belajar Membuat Japanese Cheese Cake Original’ (Kue Keju Lembut Khas Jepang) Baking World-Maubelajarapa
  • Kelola Kinerja untuk Usaha Prima dari HarukaEdu–PijarMahir
  • Menjual Apa pun dengan Mudah dari Studilmu-Bukalapak
  • Belajar Cepat Cakap Inggris Khusus Pelaku Pariwisata dan Jasa
  • Belajar Cepat Cakap Bahasa Inggris Khusus Untuk Presentasi dari Cakap-Maubelajarapa
  • Kiat Sukses Dalam Dunia Kerja dari Studilmu-Bukalapak
  • Belajar Teknik Berbicara di Depan Umum (Public Speaking) dari Speak Project-Maubelajarapa
  • Menghasilkan Uang sebagai Fotografer Pemula Pake Kamera HP dan Strategi Pemasaran Digital’ dari HarukaEdu–PijarMahir

Jangan takut tidak bisa menyelesaikan tugas-tugasnya, Anda bisa mempelajari materi-materi yang ada sebelum menyelesaikan tugas dari pelatihan yang dibeli. Jika masih kebingungan, anda bisa mengubungin call center kartu prakerja di nomor telepon 0800-1503-001 atau bisa juga menghubungi via email di info@prakerja.go.id.

Selain call center dan email, Anda juga bisa menggunakan layanan formulir pengaduan untuk mengirimkan pertanyaan dan juga kritik saran. Semoga informasi yang kami suguhkan ini bermanfaat dan bisa membantu para pembaca untuk lebih mengetahui program kartu prakerja ini.

 

Artikel asli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *