Tragedi Kecelakaan Kereta Api Bandung: Tiga Orang Tewas, Puluhan Terluka

Kecelakaan Kereta Api Turangga.

Suaranusa.com - Kecelakaan memilukan terjadi pagi ini di jalur kereta api Bandung. Kereta api Turangga relasi Surabaya-Bandung bersenggolan mengerikan dengan KA Lokal commuter line jurusan Padalarang-Cicalengka pada Jumat (5/1/2024) sekitar pukul 06.03 WIB.

Dalam kecelakaan tragis ini, tiga nyawa melayang, seperti yang diungkapkan Kapolres Bandung, Kombes Kusworo Wibowo, dalam wawancara eksklusif dengan KompasTV. "Tiga orang korban meninggal dunia, terdiri dari masinis, asisten masinis, dan seorang pegawai dalam salah satu kereta yang bertabrakan," ucap Kusworo.

Kusworo melanjutkan bahwa informasi tersebut juga dikonfirmasi oleh Vice President Public Relations PT KAI, Joni Martinus, dalam wawancara dengan KompasTV pada pagi hari. "Kecelakaan terjadi di antara Stasiun Haurpugur dan Cicalengka, tepatnya di kilometer 181," ujarnya.

Video amatir yang beredar di media sosial memperlihatkan dampak mengerikan dari tabrakan itu. Beberapa gerbong keluar dari rel dan ada yang terangkat. Upaya evakuasi penumpang sedang dilakukan, sesuai dengan laporan media.

"Saksi mata di salah satu kereta api menyatakan bahwa tabrakan tersebut menghasilkan suara keras. Penumpang di gerbong ketiga melihat beberapa penumpang terlempar dari kursinya, dengan beberapa mengalami luka ringan," ungkap Joni Martinus.

Sementara itu, Humas Polda Jawa Barat, Kombes Ibrahim Tompo, memberikan update terkait jumlah korban. "Tiga orang meninggal dunia dan 28 orang terluka akibat kecelakaan adu banteng antara kereta api Tarungga relasi Surabaya-Bandung dengan KA Lokal Padalarang-Cicalengka pada Jumat pagi," ujarnya kepada wartawan.

Ibrahim Tompo menjelaskan bahwa dua dari korban meninggal adalah masinis dan asisten masinis KA Lokal Padalarang-Cicalengka, sedangkan satu korban lainnya adalah pramugara KA Turangga. Saat ini, penyebab pasti kecelakaan masih belum diketahui, dan petugas sedang berupaya mengevakuasi korban. Kejadian tragis ini tercatat pada pukul 6.30 WIB di kilometer 181+5/4, melibatkan KA Turangga dan kereta api lokal Padalarang-Cicalengka. Inisiatif investigasi dan upaya penyelamatan masih terus dilakukan oleh petugas terkait.

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak