Debat Cawapres Pertama, Gibran Rakabuming Tepis Julukan "Nepo Baby"


Suaranusa.com - Seiring dengan munculnya calon wakil presiden di panggung debat presiden Indonesia yang kedua pada Jumat, semua mata tertuju pada Gibran Rakabuming Raka – mungkin calon wakil presiden yang paling kontroversial dalam sejarah Indonesia.

Mengabaikan tuduhan ketidakberpengalamanan dan nepotisme, Gibran, anak 36 tahun dari Presiden Indonesia saat ini Joko "Jokowi" Widodo, mendominasi panggung meskipun berhadapan dengan kandidat yang lebih berpengalaman.

Pendapat umum di kalangan pengamat adalah bahwa performa Gibran jauh melampaui ekspektasi.

"Kesimpulan saya secara keseluruhan adalah bahwa siapa pun yang ragu-ragu dan menganggap Gibran sebagai seorang yang tidak berpengalaman telah terbukti salah sepenuhnya," kata Alexander Arifianto, peneliti di S Rajaratnam School of International Studies di Singapura (RSIS), kepada Al Jazeera.

"Ia telah persiapkan dengan baik untuk debat dan menunjukkan pemahaman yang sangat baik tentang masalah ekonomi. Jauh lebih baik dibandingkan dua lawannya."

Sejak mengumumkan pencalonannya pada bulan Oktober, Gibran telah menghadapi badai kontroversi, termasuk tuduhan sebagai "bayi nepotisme" dan kelanjutan dari politik dinasti yang telah lama merusak politik Indonesia.

Tanpa pengalaman politik selain dua tahun sebagai walikota kota Surakarta di Jawa Tengah, Gibran dituduh hanya bergantung pada pamor ayahnya – Widodo juga pernah menjabat sebagai walikota Surakarta – dan kurang memiliki kredibilitas rivalnya, Abdul Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua DPR, dan Mahfud MD, menteri yang bertanggung jawab dalam koordinasi urusan politik, hukum, dan keamanan.

Pencalonan Gibran difasilitasi oleh keputusan kontroversial Mahkamah Konstitusi Indonesia pada Oktober yang melemahkan persyaratan usia minimum untuk calon presiden dan wakil presiden.

Meskipun pengadilan mempertahankan ambang batas usia minimum 40 secara prinsip, para hakim membuat pengecualian yang memungkinkan pejabat yang berusia setidaknya 35 tahun dapat mencalonkan diri jika mereka sebelumnya pernah terpilih – memungkinkan Gibran menjadi pasangan calon Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjelang pemilihan pada 14 Februari.

Keputusan itu menjadi kontroversial karena kepala Mahkamah Konstitusi saat itu, Anwar Usman, adalah ipar Widodo.

Usman dipecat dari jabatannya setelah komite etika Mahkamah Konstitusi menemukannya bersalah karena tidak membatalkan diri dari keputusan itu, meskipun putusan mengenai persyaratan usia tetap berlaku.

Dengan pertanyaan seputar legitimasi pencalonan Gibran dan kesesuaiannya untuk jabatan tersebut, debutnya di panggung debat pada Jumat malam telah dinantikan dengan sengit.

"Langsung saja: Debat ini dimenangkan oleh Gibran. Sejauh ini, ekspektasi terhadap Gibran sangat rendah. Pada dasarnya, Gibran belum pernah diuji. Pada debat presiden pertama, ia terlihat seperti seorang anak sekolah tinggi di antara politisi dan gubernur yang berpengalaman," kata Yohanes Sulaiman, dosen di Universitas Jenderal Achmad Yani di Jawa Barat, kepada Al Jazeera.

"Dalam debat ini, performanya jauh lebih baik dibandingkan dua orang yang saya kira akan menghadapinya dengan mudah, yaitu Mahfud MD dan Muhaimin. Jelas bahwa dia telah bersiap, percaya diri, dan menguasai materi, mungkin setelah mendapatkan pelatihan yang baik dari tim persiapannya."

Debat kedua dari lima debat televisi, dan pertama kali menampilkan calon wakil presiden, difokuskan pada ekonomi, termasuk isu-isu seperti pajak, perdagangan, pengelolaan anggaran negara, infrastruktur, dan perencanaan perkotaan.

Dandy Rafitrandi, seorang ekonom dari lembaga pemikir Centre for Strategic and International Studies, mengatakan bahwa pertanyaan yang diajukan oleh panel ahli cukup spesifik dan membutuhkan pemahaman setiap calon terhadap topik ekonomi.

Ketidakpahaman para calon terhadap ekonomi terlihat pada beberapa kesempatan, kata Rafitrandi, termasuk ketika pertanyaan beralih pada pendanaan proyek dan program pemerintah.

"Gibran menjelaskan beberapa program, misalnya, program makan siang gratis [untuk pegawai negeri] senilai 400 triliun Rupiah Indonesia [$25,8 miliar], tetapi tidak menjelaskan sumber pendanaannya," kata Rafitrandi kepada Al Jazeera.

Pada satu titik selama debat, Muhaimin mengatakan bahwa ia dan calon presiden Anies Baswedan, mantan gubernur Jakarta, ingin membangun 40 kota baru di seluruh Indonesia untuk menyaingi Jakarta – tanpa menjelaskan bagaimana ini akan dibiayai.

Puncak pertikaian utama malam itu terjadi ketika para calon bertengkar mengenai Nusantara, ibu kota baru Indonesia, yang saat ini sedang dibangun di hutan Kalimantan.

Rencana ini, yang dipimpin oleh Widodo, melibatkan pemindahan Jakarta, yang padat, tercekik oleh asap, dan tenggelam akibat ekstraksi air tanah ilegal, dengan biaya proyek yang diproyeksikan sebesar $1,3 miliar.

Proyek ini kesulitan mendapatkan investasi asing, yang direncanakan untuk menutupi sebagian besar biaya proyek yang besar, dan hanya menarik investor lokal, sesuatu yang Mahfud tanyakan kepada Gibran mengingat dukungannya terhadap rencana tersebut.

Gibran menjawab bahwa Mahfud bisa "mencari di Google" siapa yang berinvestasi dalam proyek tersebut dan menyerang Muhaimin karena "inkonsisten" setelah sebelumnya mendukung skema tersebut.

Mahfud juga sebelumnya mendukung Nusantara, dan hanya Anies dan Muhaimin yang mengatakan bahwa mereka akan membatalkan proyek tersebut jika terpilih, dengan argumen bahwa uang tersebut dapat digunakan lebih baik di tempat lain di Kalimantan dan bagian lain negara.

Nusantara tidak diharapkan menjadi faktor penentu dalam pemilihan ini, dengan beberapa jajak pendapat terbaru menunjukkan bahwa Prabowo dan Gibran memiliki keunggulan 20 poin atas Ganjar Pranowo, mantan gubernur Jawa Tengah, dan Mahfud MD.

"Gibran adalah pemenang jelas dari debat malam ini. Ini menetapkan standar tinggi dan akan lebih sulit bagi tim Anies dan Ganjar untuk mengejarnya, terutama dalam hal ekonomi dan masalah investasi," kata Arifianto dari RSIS.

"Sayangnya, baik Mahfud maupun Muhaimin adalah kandidat satu isu yang hanya bagus untuk isu masing-masing [hukum dan isu agama], tetapi tidak terlalu baik di bidang lain."

Namun, tidak semua orang terkesan dengan performa dinamis Gibran, mengatakan bahwa ini menempatkan gaya di atas substansi.

"Ia lebih baik dipersiapkan dibandingkan dengan dua kandidat lainnya, yang kemungkinan akan mengesankan sebagian pemilih. Namun, tanggapannya kurang memiliki substansi kebijakan, hanya bergantung pada kombinasi slogan dan fakta kecil," kata Ian Wilson, dosen politik dan studi keamanan di Universitas Murdoch di Perth, Australia.

Tetapi meskipun Gibran mungkin ingin melepaskan label "bayi nepotisme", sulit untuk sepenuhnya melepaskan citra keluarganya, tambah Wilson.

"Gibran menunjukkan bahwa dia, meskipun berusaha untuk membranding dirinya sebagai milenial dengan pemikiran segar, masih sangat anak bapaknya, dengan menegaskan komitmennya untuk melanjutkan kebijakan-kebijakan khas Jokowi seperti proyek ibu kota Nusantara," katanya.


Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak