Mark Zuckerberg Tetap Akan Pimpin Meta Beberapa Tahun ke Depan.


Kehadiran Mark Zuckerberg di pucuk pimpinan Meta induk Facebook selama "bertahun-tahun" akan sangat alami, direktur urusan globalnya mengatakan kepada AFP , bahkan ketika para pendiri banyak perusahaan teknologi menyerahkan darah segar. Suksesi di perusahaan mega telah menjadi berita utama dalam beberapa pekan terakhir dengan pengumuman kepergian Sheryl Sandberg setelah 14 tahun sebagai perusahaan nomor dua.

Tetapi sementara para pendiri perusahaan seperti Amazon, Twitter, dan Google telah pindah, Zuckerberg tidak menunjukkan tanda-tanda menyerah – meskipun ada kritik keras atas skandal privasi dan penyebaran informasi yang salah di seluruh Facebook.

Sekarang saat Meta meluncurkan rencananya untuk metaverse -- dunia virtual imersif yang dianggapnya sebagai masa depan internet -- tidak ada alasan bagi pria berusia 38 tahun itu untuk pergi ke mana pun dalam waktu dekat, kata Nick Clegg, direktur perusahaan urusan global. 

"Ini adalah proyek multi-tahun. Masuk akal bagi saya bahwa Mark Zuckerberg ingin melanjutkan, membangun babak baru perusahaan ini, dan itu akan berlangsung selama bertahun-tahun, bertahun-tahun," kata Clegg kepada AFP di sela-sela dari KTT Amerika di Los Angeles.

"Dia adalah pendiri perusahaan Meta, tetapi dia juga arsitek babak baru, konstruksi ini, teknologi augmented reality dan virtual reality ini." 

Facebook membeli pembuat headset realitas virtual Oculus pada tahun 2014 dan meluncurkan platform VR sosial.

Teknologi ini telah berkembang pesat di industri game, dan menjadi populer di kalangan pemain Fortnite dan Roblox.

Tapi Clegg, mantan wakil perdana menteri Inggris, mengatakan metaverse menjanjikan peluang besar di bidang pendidikan dan kedokteran, serta hiburan.

Misalnya, katanya, guru dapat membawa siswa mereka dalam perjalanan virtual melalui Yunani kuno, dan petugas medis dapat mempelajari teknik bedah yang canggih. Dan, katanya, seiring dengan peningkatan perangkat keras, kebutuhan akan peralatan khusus akan berkurang.

"Di tahun-tahun mendatang, orang akan dapat mengakses teknologi baru ini melalui ponsel mereka," katanya. 

"Kami sedang menjajaki bagaimana kami dapat meningkatkan akses ke semua orang dan bukan hanya orang-orang yang mampu membeli perangkat keras baru dan terbaru."


Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak