fbpx

Seorang Ahli Mengatakan Tentang Efek Samping Dari Vaksin Corona

Vaksin Covid-19 China, Sinovac, mendapat Emergency Use Permit (EUA) di Indonesia dari BPOM. Namun, banyak orang masih mempertanyakan efek samping vaksin.
Dengan diberikannya vaksin EUA, berarti masyarakat Indonesia akan mulai melakukan vaksinasi secara bertahap.

Lantas, apa saja efek samping dari vaksin Covid-19 Sinovac?
Sekretaris Eksekutif Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), dr Julitasari Sundoro mengatakan vaksin tidak memiliki efek samping yang membahayakan jiwa atau menyebabkan kecacatan.

Misalnya, efek samping lokal seperti nyeri di area yang terkena suntikan. “Kami taruh nama di jarum suntik, dan dimasukkan vaksin, artinya ada reaksi lokal,” kata Julitasari beberapa waktu lalu.

Selain itu, ada juga reaksi sistemik seperti nyeri dan hipotermia.

Namun, kemungkinan terjadinya reaksi sistemik, lanjut Julitasari, sangat kecil. Pasalnya, vaksin Sinovac merupakan vaksin yang tidak aktif atau vaksin yang sudah mati. Dia menjelaskan bahwa “efek sampingnya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan vaksin hidup yang dilemahkan atau vaksin hidup.”
Vaksin Sinovac merupakan salah satu vaksin Corona yang digunakan Indonesia untuk menekan laju penambahan kasus Covid-19. Pemerintah sendiri memesan hingga 3 juta dosis untuk umum.

Mengutip Reuters, Turki sebelumnya menunjukkan bahwa vaksin Sinovac 91,25 persen efektif melawan infeksi Corona. Para peneliti mengatakan bahwa tidak ada efek samping yang muncul selama uji klinis vaksin Sinovac.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *