fbpx

Penjelasan WhatsApp Mengenai Kebijakan Privasi Data yang Dapat Diakses Facebook

Beberapa waktu lalu, WhatsApp mengumumkan kebijakan terbarunya terkait ketentuan layanan untuk privasi dan aplikasi yang isinya menyatakan bahwa data pengguna di WhatsApp harus dimasukkan ke dalam aplikasi aslinya, Facebook.

WhatsApp kini telah mengklarifikasi bahwa pembaruan kebijakan ini berlaku untuk pengguna WhatsApp Business, bukan WhatsApp biasa yang umumnya digunakan pengguna.

WhatsApp menjelaskan dalam keterangan tertulisnya, Minggu (10/1/2021): “Perlu diketahui bahwa pembaruan kebijakan privasi ini menyangkut korespondensi dengan perusahaan yang menggunakan WhatsApp API dan WhatsApp Business yang memilih menggunakan Facebook Business Hosting.”

Artinya, pengguna WhatsApp Business dan API sekarang dapat menggunakan infrastruktur hosting Facebook untuk melakukan percakapan di aplikasi. Data disimpan di server Facebook, dan WhatsApp Business menentukan bagaimana informasi ini digunakan atau dibagikan.
Namun, pengguna WhatsApp juga dapat memutuskan apakah mereka ingin menggunakan layanan yang disediakan oleh WhatsApp Business atau tidak.

Menurut WhatsApp, kebijakan seperti ini bukan yang pertama kali diterapkan. Sejak 2016, platform perpesanan ini telah membagikan data dalam jumlah terbatas dengan Facebook di bagian belakang untuk keperluan kebutuhan infrastruktur.

Dengan demikian, memperbarui kebijakan privasi data tidak memengaruhi percakapan pribadi dan pribadi di luar konteks bisnis.

Dan WhatsApp menyatakan bahwa “semua percakapan akan tetap dienkripsi ujung ke ujung, dan baik Facebook maupun WhatsApp tidak akan dapat mengaksesnya.”

Sebelumnya, kebijakan ini sempat membuat heboh para pengguna WhatsApp. Lewat media sosial, mereka semakin diajak berpindah ke platform chat lain seperti Telegram atau Signal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *